Kuliner dan Makanan Khas Baturaja – Kabupaten Ogan Komering Ulu, atau sering disebut kabupaten OKU, merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sumatera Selatan, Indonesia, dengan ibukotanya yaitu kota Baturaja.

Kabupaten ini terletak dan dialiri oleh dua sungai besar yang ada di Sumatera Selatan, yaitu sungai Ogan dan Sungai Komering, yang juga merupakan asal muasal dari nama kabupaten tersebut.

OKU dikenal sebagai wilayah dengan jumlah penduduk suku Ogan di Sumatera Selatan.

Selain itu, OKU juga dikenal dengan masakan khasnya, lho, Sobat Jalan. Penasaran, kan, makanan apa aja yang ada di OKU?

1. Perkedel Bayam Kukus

Perkedel bayam kukus merupakan salah satu Kuliner dan Makanan Khas Baturaja yang telah dikenal banyak orang dan sekarang dapat ditemui di beberapa wilayah lainnya di Sumatera Selatan.

Perkedel ini diolah dengan bahan utamanya, yaitu kentang, yang dicampur dengan daun bayam yang telah dicincang halus, sehingga daun bayam tersebut tidak akan merusak cita rasa yang dimiliki oleh perkedel ini.

2. Keripik Pare, Kuliner dan Makanan Khas Baturaja

Keripik ini dibuat dengan bahan dasar pare. Walaupun buah pare dikenal dengan rasanya yang pahit, namun rasa pahitnya akan hilang ketika menjadi keripik dan memiliki tekstur yang renyah dan menggoyang lidah.

Keripik ini biasa dikonsumsi dengan lewisandclarkelementary.com menggunakan bumbu balado, tepung beras, dan penyedap-penyedap lainnya sebagai penambah rasa.

3. Sambal Ranggam

Sambal Ranggam, atau sering disebut pula dengan sambal jok-jok, merupakan salah satu makanan khas kabupaten OKU yang dikenal oleh banyak orang.

Secara umum, sambal ini merupakan sambal mentah dengan berbahan dasar ranggam, yaitu tomat kecil, yang dipadukan dengan terasi.

Biasanya, sambal ini hadir bersamaan dengan acitrapratiwi.com ikan pindang, pepes, ataupun bakar, dan juga rebusan sayur.

4. Kopi Durian

Durian merupakan buah yang tak jarang ditemui di kabupaten OKU. Mudahnya mendapatkan durian pun dijadikan eksperimen unik dimana satu biji daging buah durian dicelupkan di dalam secangkir kopi.

Diyakini oleh para penikmatnya, bahwa bau durian https://chaika-tm.com/ yang sangat menyengat dapat dinetralisir oleh kopi.

Durian yang ada di kopi ini memberikan sensasi creamy dan berpadu dengan rasa manis dan asam yang dimiliki oleh kopi.

Добавить комментарий