SETIAP produsen otomotif tampaknya mulai gencar memproduksi kendaraan ramah lingkungan. Salah satunya yang dilakukan PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) dengan memperkenalkan All New Suzuki Ertiga Hybrid yang memberikan beberapa penyegaran.

Berbekal teknologi pintar Suzuki Smart Hybrid, lacasitatapaswinebar mobil ini resmi menjadi mobil elektrifikasi pertama di kelas Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang diproduksi dalam negeri. Mobil hibrida ini menjadi bentuk komitmen dalam menggabungkan kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

«Kesadaran masyarakat terhadap kendaraan yang ramah lingkungan terus meningkat. Tapi di sisi lain, mobil-mobil elektrifikasi yang ada saat ini harganya di atas daya beli mayoritas,» kata President Director Suzuki Indonesia Shingo Sezaki, dalam siaran pers yang diterima, Jumat (10/6).

«Maka, dengan studi yang komprehensif dan mendalam, kami membuat inovasi dengan menggabungkan tren teknologi dan kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia,» lanjutnya.

Hadir dengan 17 perubahan, satu yang paling menonjol di mobil ini adalah teknologi Suzuki Smart Hybrid yang ramah lingkungan dan konsumsi bahan bakarnya lebih efisien dibandingkan mobil bermesin konvensional. Mobil ini juga menggunakan sumber tenaga berasal dari mesin bensin konvensional, digabungkan dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion Battery.

ISG berfungsi sebagai motor dan generator yang menangkap dan menyimpan energi listrik keLithium-Ion Battery. Energi listrik inilah yang menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala saat mobil dalam posisi berhenti (engine auto start stop aktif), sehingga akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien karena tidak terjadi proses pembakaran.

Pada bagian eksterior, terdapat penyegaran berupa New Front Grille Design, New Auto Retractable Outside Mirror, New Antenna Type, New Alloy Wheel Black Polish Design, New Backdoor Garnish Design, New “Hybrid” Emblem di buritan mobil.

Fitur-fitur baru mendukung teknologi Suzuki Smart Hybrid, di antaranya New Electronic Stability Programme (ESP), New Hill Hold Control, New Gear Shift Indicator (GSI), New Cruise Control, dan New Auto Light with Guide Me Light. Seluruh fitur tersebut disematkan, membuat pengemudi nyaman dalam mengendarai.

Mobil ini tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) lima percepatan dan otomatis (AT) empat percepatan dengan dua tipe, yaitu GX dan Suzuki Sport.

Harga On The Road untuk wilayah Jakarta pada Juni 2022 adalah All New Ertiga Hybrid SS-AT Rp 292,3 juta, All New Ertiga Hybrid SS-MT Rp 281,3 juta, All New Ertiga Hybrid GX-AT Rp 281,3 juta, dan All New Ertiga Hybrid GX-MT Rp 270,3 juta. (and)

Добавить комментарий