Musim telah berganti dari musim dingin ke musim semi dan sekarang saatnya untuk review “Kimetsu no Yaiba: Entertaintment District“. Pada kali ini kami akan memberikan catatan penting di awal.

Pertama adalah kami tidak melibatkan babak mugen train, karena kami menempatkan babak tersebut di seri filmnya saja, bukan musim kedua.
Kedua adalah tentunya review kali ini akan mengandung isi dari ceritanya, jadi supaya tidak mengurangi pengalaman menonton, kami sarankan untuk tidak melanjutkan membaca phl-parking.
Jika tidak keberatan atau sudah menikmati musim kedua dari Kimetsu no Yaiba ini, selamat membaca artikel review kami.

Kimetsu no Yaiba merupakan salah satu serial anime paling populer di dunia, terutama setelah musim pertamanya. Seri ini saking populernya hingga telah mendapatkan adaptasi berupa film, musim kedua, hingga pengumuman musim ketiga.

Plot dan Cerita: Standar Shounen Rata-Rata

Pada babak kali ini kita akan kembali mengikuti perjalanan Tanjiro, Nezuko, Inosuke, dan Zenitsu memberantas iblis pasca mugen train. Mereka bersama dengan pilar suara, Uzui Tengen akan menyelinap masuk ke daerah hiburan “lampu merah”. Mereka harus menyelidiki kejanggalan orang hilang yang jadi dugaan adanya aktivitas iblis di sana. Namun, untuk menyelinap, mereka harus menyamar dan masuk ke rumah bordil. Tidak sebatas mencari orang yang hilang, tapi juga istri-istri Uzui Tengen. Ya betul istri-istri, sebab Uzui memiliki 3 istri. Hal ini memang sempat jadi kontroversi di luar sana, tapi ya sudahlah. Ternyata dalang di balik semua ini adalah sosok iblis bulan atas Daki yang terkenal dengan nama Warabihime. Sayangnya, Sosok iblis bulan tingkat atas keenam ini tidaklah seorang diri saja, ternyata mereka berdua, Daki dan Gyutaro. Mereka akan menghadapi kedua iblis bulan atas ini dengan sekuat tenaga mereka hingga kalah.

Membahas tentang ceritanya sendiri jujur saja ya karena ini merupakan serial untuk demografi shounen atau remaja dewasa, jadi ya kami harus mengganti perspektif. Secara penulisan ceritanya sendiri sudah cukup baik, tidak ada kekosongan plot. Selain itu, elemen kejutan di seri ini juga ada terutama saat mengetahui kalau iblis bulan atas tidaklah satu orang saja. Alhasil kami merasa review segi cerita Kimetsu no Yaiba: Entertaintment District sangat baik dan penjelasan ceritanya sangat jelas. Namun, ya karena ini dari shounen jump, maka tidak mengejutkan jika ceritanya standar seperti shounen biasanya, seperti berempati terhadap musuh yang mau mati. Hal ini memang sudah jadi batas standar bagi editor dan komik-komik shounen jump lainnya.

Audio yang Apik dan Mantap

Membahas dari segi audio dan seiyu tentu tidak akan kami lewatkan. Mulai dari musik yang hadir, secara lagu-lagu yang ada di Kimetsu no Yaiba: Entertaintment District ini terdapat beberapa lagu latar yang baru. Variasi dari lagu ini akan membuat adegan di anime semakin berwarna, apalagi kalau sudah lebih dari satu musim. Terutama tidak membuat kesan seolah studio ini tidak malas dalam membuat aset baru. Namun, beberapa lagu lama juga sempat terdengar beberapa kali, terutama untuk adegan yang masih berkaitan dengan musim atau film sebelumnya. Salah satu yang memukau bagi kami adalah lagu pembuka yang AIMER bawakan bernama “Zankyou Sanka” belum lagi dengan animasinya yang sangat mendukung lagunya. Perpaduan tersebut membuat lagu ini menjadi semakin menarik.

Lanjut ke bagian seiyu, di sini selain beberapa seiyu lama, kita akan lebih berfokus pada seiyu baru, berikut adalah beberapa yang kami sorot.

Uzui Tengen: Katsuyuki Konishi (Diavolo (JoJo Bizzare Adventure))
Daki: Miyuki Sawashiro (Raiden Shogun (Genshin Impact))
Gyutaro: Ryouta Oosaka (Sadao Maou (Devil Part-timer))
Hinatsuru: Atsumi Tanezaki (Anya Forger (Spy x Family))
Suma: Nao Touyama (Chitoge Kirisaki (Nisekoi))
Makio: Shizuka Ishigami (Thorfinn (Vinland Saga))

Bagi kami sendiri, Miyuki Sawashiro sudah cukup untuk memenangkan hati kami, terlebih memang dari bagaimana ia memerankan peran dari Daki ini sendiri.
Daki merupakan sosok yang sangatlah kejam bahkan tidak kenal ampun. Namun, di sisi lain ia juga sangatlah lemah lembut di hadapan Muzan.
Di antara itu semua yang paling di luar ekspetasi kami kalau Daki ini bisa menangis terutama di saat ia membutuhkan bantuan dari kakaknya, Gyutaro.
Dari sini saja Kami sudah merasa kalau Miyuki Sawashiro sudah cukup untuk mencuri panggung dari semua itu.
Jadi kami cukup merasa untuk bagian review audio dari Kimetsu no Yaiba: Entertaintment District sangatlah memuaskan.

Kalian Sebut Ini Animasi?

Inilah bagian yang paling renyah dalam review Kimetsu no Yaiba: Entertaintment District satu ini, yaitu animasinya.
Seperti sebagaimana yang kita tahu, animasi garapan dari Ufotable ini sendiri digarap dengan begitu terampil. Entah seri Fate yang mereka garap, God Eater, animasi di seri Tales, dan masih banyak lagi. Namun, untuk seri Kimetsu no Yaiba sendiri agaknya sedikit “berlebihan”, bagaiamana tidak adegan pertempuran di musim kedua ini sangatlah apik. Hal ini bisa kalian lihat saat pertarungan para pemburu iblis dengan Daki dan Gyutaro. Pergerakan kamera dan transisi, serta sudut pandang kamera yang sangat di luar nalar. “Ini mereka benar-benar kelebihan biaya atau bagaimana?” begitu pikir kami karena saking bagusnya. Apresiasi lebih pada saat Tanjiro dan Uzui melawan Gyutaro.

Ketegangan yang serupa tidak akan terasa apabila melihat dari manganya saja, yang tentunya tidak bisa menampilkan seberapa dinamisnya pertarungan ini. Namun, Ufotable bisa mengeksekusi dengan begitu baik dan halus. Tapi di luar itu semua tentu ada yang kurang bagi kami, yaitu penggunaan 3D yang kami rasa sedikit kurang menyatu. Pada kekurangan satu ini, sebenarnya juga minor dan jika kalian kurang mengamati juga tidak akan tahu mana yang kami maksud. Namun, kami cukup mewajarkan buat penggunaan 3D karena untuk skenario yang kurang penting dan hitung-hitung menghemat biaya. 3D yang kami maksudpun sebenarnya bukan 3D terbaik yang Ufotable punya, tidak seperti di God Eater. Setidaknya, semua kekurangan itu tertambal dengan adegan pertarungan yang kelewat mantap. Sudah dalam tahap seni ini tidak sebatas “gambar bergerak” saja.

Kimetsu no Yaiba, Pokoknya Wajib Banget!

Akhir kata, sangat mustahil bagi kami untuk tidak merekomendasikan Kimetsu no Yaiba: Entertaintment District ini. Selain masih tetap konsisten, kami juga meyakini ini akan jadi seri panjang yang akan Ufotable garap. Cukup memuaskan bisa menonton salah satu dari animasi yang sekelas film tapi hadir di dalam bentuk serial TV. Untuk serial dari Kimetsu no Yaiba: Entertaintment District bisa kalian nikmati secara gratis dan legal di Bstation dan IQIYI jika ingin berlangganan secara premium.

Добавить комментарий